My Beautiful Clie

















Operating System,
Sayang masih Palm OS 4, ada yg udah OS 5 dengan bentuk dan spek yg kurang lebih sama yi; Sony Clie Nx70V. Speed processor 33Mhz, Motorolla ataw Dragonball nih? Gw lupa :p. Tapi u/ view foto 640x480 lumayan cepet. Untungnya Sony dah menyertakan pre-installed Mp3 Player, mengingat *AsFarAsIKnow* gk ada aplikasi Mp3 Player u/ Palm OS4. Urusan konektivitas cuma ngandelin USB u/ sync dengan PC ataw Irda u/ komunikasi dengan device lain yg.

Desain,
Flipped mirip bedak emak2 hehehe. Seluruh body di balut casing almunium warna silver dengan list putih di pinggiran unit dan tulisan Clie warna chrome, ini yang bwat gw menamakan "My Beautiful Clie", soo elegant. Rotatable screen 180°, tp jgn ampe salah puter bung, putar ke kanan searah jarum jam ampe klik. Asik nya, screen diputer 180° trus di tutup lagi kalo cuma pengen kerja pake stylus. Termasuk tipis u/ ukuran PDA Flipped, tapi lumayan gk nyaman klo di kantongin karna termasuk panjang u/ ukuran PDA.


Screen,
Resolusi 320x480 hi-res, extra lega dan gambar yg kluar lebih hidup. Viewing pictures ataw ngedit sheet nyaman bener. Klo pake default Launcher luas screen terpangkas oleh area graffiti hingga hanya jadi 320x320. Waktu itu gw pake ZLauncher (My Favorite Launcher) yang khusus u/ Sony Hi-res 64K, ada option u/ menyembunyikan Graffiti Area. Meskipun ada beberapa aplikasi yg tidak menyediakan option tersebut, salah satunya Kinoma Player yang termasuk third party en pre-installed. U/ melakukan ritual convert file video (.avi, .mpeg, etc) jadi .pdb cukup mudah dilakukan en lumayan cepet lah nurut gw. Tinggal copy paste video ato clip yg mo di convert ke Program Files di PC (biasanya drive: C). Kualitas hasil gambar gerak ini gk terlalu bagus dibanding TealMovie yg mana lebih byk option misalnya resolusi gambar yg bisa di set u/ Sony Hi-res devices, yang hasil gambar geraknya lebih halus. Walaupun memakan waktu lebih lama dibanding Kinoma Player. Asik nya klo byk kerja ama Sheet, karna screennya cukup lega jadi gk perlu terlalu sering scroll halaman ke bawah. Gitu juga dengan Document. Btw gw sempet nginstall Docs2Go, lupa versi berapa, yang support File Native Microsoft. So gk ribet ama ritual
convert.


















Built in thumbboard!
Gk terlalu nyaman digunakan klo dibandingkan dengan thumbboard T|W. Tuts-tuts nya di buat terlalu kecil dan gk terlalu nongol, jadi yah rada usaha gitu deh u/ mencetnya. Dibanding ngetap screen bwat gw sih lebih nyaman pake thumbboard Clie ini, walaupun kalo ngetik notes kepanjangan berasa juga pegel nya :p. Fungsi thumbboard kyk nya kurang maksimal, krn ada beberapa perintah *gw lupa* yg harus dilakukan dengan nge-tap screen. 5 way navigator pun gk ada, gantinya tombol atas/bawah dan Jog-dial. Jog-dial, membantu menjalankan beberapa perintah seperti; naik ataw turun dengan memutar jog, ataw select dengan memencet jog. Selain itu juga 4 tombol shortcut tidak lupa ditanamkan Sony di unit ini.

Built in Camera!
Yep, device ini built in camera, walaupun masih VGA 320x240. Hasil kamera pun tergolong kurang memuaskan, mirip kamera nokia jadoel, better than none lah. Format file hasil jepretan dalam bentuk file .pdb yang mesti di convert via desktop supaya jadi .jpeg. Camera rotatable 180°, bisa bwat moto diri sendiri. Posisi camera di atas sebelah kiri unit, dengan tombol shot di sebelah kiri yang sekaligus jadi tombol pemanggil aplikasi camera.

Mp3 Player,
Pre-installed Mp3 Player, dengan software Desktop u/ mengatur dan import playlist. Remote headset w/ 3.5" Audio Jack yang bentuknya mirip trigger yg mesti di pencet "Harry Armageddon" :D, dengan tombol Play/Pause, Stop, Volume -/+, next/previous dan slot pengunci tombol. U/ kualitas suara yg dihasilkan Headset gk usah di jelasin, cukup bilang "it's a sony" gitu lohhh. Gitu juga klo pake Foldable Speaker, kualitas suara tetep okehh. Yang menghairankan, Sony tidak menyertakan Built in Speaker yang oke bwat Clie NR70V. Hasilan suara terlalu kecil meskipun volume di set pada titik maksimal. Player pun hanya bisa baca ataw memainkan file Mp3 dengan rate 128kbps ke atas, yang artinya besar file Mp3 gk bisa di compress terlalu kecil. So dengan Memory Stick 128Megs, cuma bisa nampung 100an lagu tanpa aplikasi lain seperti gem dan kawan-kawan.

Expansion Slot,
Seperti yg dah gw sebutin di atas, slot expansi menggunakan Memory Stick. Kapasitas terbesar yg gw tau cuma ampe 128Megs, pernah nyoba pake MS Pro 256 en 512Megs malah gk kebaca... Doh!

Whats in my box;
- Clie NR70V
- Cradle, charger/Adaptor
- Manual Users/add on guide
- Desktop CD's
- Remote Headset
- Sony Memory Stick 128Megs
- Foldable Speaker














Conclusion,
Nyari PDA Stylish bercamera? Demen ngeblog en byk kerja ama file2 Office? Tapi budget minim? Gw rekomendasikan device ini ;).
Doyan gawe sambil denger Mp3? Hmmm, rada ragu juga neh, soal kualitas seh gk ada matinya, tapi kapasitas Memory Eksternal gk bisa di upgrade yg bikin bete, mentog di 128Megs :((. Gawe dari jam 8am ampe rumah 8-9pm, highly not recommended, karna daya tahan battery parah bgt. Lives in craddle neh Clie gw. Kcuali mang mo repot bawa travel charger, yang artinya mesti keluar biaya lage :p, tapi gk terlalu mahal kok. Gw beli Universal Travel Charger @75rebu, yg bisa u/ ipaq series tertentu, palm series tertentu juga.

Tats all folks, pegel neh ngetap di eten. Muhun maap klo ada yg kurang/lebih ataw malah salah sama sekali. Kalo kurang puas, monggo di googling ndiri yak :p.
Full specs & reviews Sony Clie NR70V

Thank yous

bee!
02/2005